10 Mesin Pencari (Search Engine) Paling Populer Di Dunia

Peranan Kita - Apakah google merupakan satu-satunya search engine di dunia ini? Adakah mesin pencari lain selain google?




Hallo Smart People! Kali ini Peranan Kita akan membahas 10 Mesin Pencari (Search Engine) Paling Populer Di Dunia yang harus Anda semua ketahui.

1. Google. 

Google ialah mesin pencari sangat populer di jagat ini. Search Engine satu ini menguasai lebih dari 70% pangsa pasar dunia. Memang bukan urusan yang mengherankan Google dapat begitu mendominasi. Ada tidak sedikit faktor yang menciptakan mesin pencari yang satu ini terus dapat menjaga posisinya.

Faktor yang utama ialah karena google memiliki tidak sedikit sekali layanan penyokong yang terintigerasi dengan mesin pencarinya. Sebut saja Gmail, Google Drive, Google Adsense, dan Google Bisnis.

Selain tersebut ada sejumlah keunggulan lain kenapa seseorang menggunakan Google sebagai mesin pencari. Pertama-tama, sebab Google sudah paling populer dan sudah lumayan lama menjadi search engine bahkan sebelum era revolusi industri ke 4 seperti kini ini.

Juga sebab google memiliki tidak sedikit sekali tulisan yang terindeks sampai-sampai seolah-olah hanpir seluruh pertanyaan dapat terjawab di Google.

Nama : Google.
Pemilik : Google LLC.
Pendiri : Lary Page dan Sergey Brin.
Kantor Pusat : California, Amerika Serikat.
Peringkat : #1
Market share : 78,23 %

Adapun keunggulan dari search engine Google antara lain :

  • Didukung oleh sistem yang powerful dan global sampai-sampai mempunyai jutaan konten terindeks. 
  • Memiliki layanan pendamping yang pelbagai dan terintegrasi laksana Gmail, Gdrive, Youtube, Blogger. 
  • Dilengkapi dengan Google Assistance yang sampai ketika ini adalahsuatu entinitas kecerdasan produksi paling modern (dan menakutkan) yang pernah ada guna ukuran search engine.
  • Memiliki sistem terpadu dengan Google Bisnis, Gapura Google, Google Adsense, dan Google Analytic yang dapat mendorong publisher, terutama ukm guna lebih dekat dengan dunia digital.
  • Selalu mengerjakan pembaruan algoritma yang berkala.
  • Tersedia dalam sekian banyak  bahasa, tergolong Jawa, dan Sunda.
  • Memiliki filter safe search. 
  • Memiliki fitur yang terintegrasi dengan Gmaps.
  • Terintegrasi dengan Google Playstore.
  • Memiliki fitur copyright protector. 
  • Dll.

Sedangkan kelemahan dari mesin pencari Google antara beda :


  • Cenderung berat guna OS lama.
  • Harus rajin upgrade.
  • Kurang compatible andai menggunakan tools peramban di samping Chrome.
  • Cenderung 'memaksa' user untuk menciptakan google account.
  • Adanya isu 'privasi policy' meski masih belum dapat diperlihatkan kebenarannya. 
  • Faktor yang utama ialah karena google memiliki tidak sedikit sekali layanan penyokong yang terintigerasi dengan mesin pencarinya. Sebut saja Gmail, Google Drive, Google Adsense, dan Google Bisnis.


2. Bing

Bing ialah pesaing terdekat Google. Walau nampaknya paling susah guna menjungkalkan Google dari tahtanya, faktanya Bing laksana pantang menyerah. Selalu ada urusan baru yang ditawarkan oleh perusahaan digital yang bermunculan dari rahim Microsoft ini.

Salah satu upaya teranyar yang dilaksanakan untuk menjungkalkan Google ialah membuat semacam kerjasama mengherankan dengan sesama mesin pencari, Yahoo!. Seperti apa rinci dari kerja sama dua mesin pencari tersebut, tidak tidak sedikit sumber yang dapat menjelaskan.

Banyak yang memandang Bing adalahjelmaan dari MSN Search, Windows Live Search dan Myspace, tiga senjata hebat Microsoft dalam menguasai jagat internet, minimal sebelum era Google.

Nama : Bing.
Pemilik : Microsoft.
Pendiri : Steve Ballmer.
Kantor Pusat : Washington, Amerika Serikat.
Peringkat : #2
Market share : 8.04%

Adapun keunggulan dari search engine Bing antara lain :

  • Tampilan simpel.
  • Terintegrasi dengan akun Microsoft.
  • Memiliki filter safe search
  • Jumlah artikel terindeks juga sangat banyak. 
  • Sangat baik jika dipadukan dengan Windows OS. 
  • Memiliki fitur news feed yang menarik dan bonafid. 
  • Dll.
Sedangkan kekurangan dari search engine Bing antara lain : 
  • Cenderung berat jika menggunakan smartphone, baik Android maupun BB.
  • Artikel terindeks tidak sebanyak Google.
  • Belum tersedia dalam beberapa bahasa.
  • Kurang menarik di mata publisher dan blogger, kalah saing dengan Google.
Banyak yang menganggap Bing merupakan jelmaan dari MSN Search, Windows Live Search dan Myspace, tiga senjata hebat Microsoft dalam menguasai jagat internet, setidaknya sebelum era Google. 

3. Baidu

Berbeda dengan Google da Bing yang lebih serupa penguasa internasional. Baidu, lebih pantas di sebut penguasa Asia, terutama Cina. Di samping Cina, Baidu telah mulai populer di negara-negara Asia lainnya laksana Malaysia, Filipina, Taiwan, Singapura dan Indonesia.

Baidu memang lahir, besar dan nampaknya mempunyai takdir guna menguasai Cina. Dan sebab Cina adalahnegara dengan insan terbanyak di muka bumi, maka Baidupun terangkat, baik popularitas, kunjungan dan daya tawarnya.

Lihat saja kenyataan berikut :

Secara Internasional Baidu melulu meraih 7.34 %

Tetapi di Cina, Baidu menguasi 74,8% market share.

Ada sejumlah faktor kenapa di Cina, Baidu dapat sangat berkuasa. Salah satu yang utama karena sokongan pemerintah Komunis, tergolong dengan teknik memblok Google dan Facebook.

Di samping itu, Baidu diuntungkan dengan kenyataan bahwa bahasa dan aksara Cina sangat bertolak belakang dengan negara-negara lain. Ini yang menciptakan search engine lain, terutama yang berasal dari Eropa maupun Amerika, gagal berlomba di Cina.

Nama : Baidu.
Pemilik : Baidu China Inc.
Pendiri : Robin Li dan Eric Xu.
Kantor Pusat : Beijing, Tiongkok.
Peringkat : #3
Market share : 7.34%

Selain itu, Baidu diuntungkan dengan fakta bahwa bahasa dan aksara Cina sangat berbeda dengan negara-negara lain.

4. Yahoo

Sangat menarik membicarakan Yahoo! / Yahoo! search. Seperti sejarah tragis Kekaisaran Romawi yang agung, Yahoo! ialah bukti nyata bahwa tidak terdapat yang abadi. Termasuk dalam bidang internet.

Generasi terdahulu tentu masih memperingati bagaimana begitu raksasanya Yahoo! sebagai mesin pencari dan layanan hosting email mengusai jagat internet, berlomba dengan tidak terlampau ketat melawan AOL maupun MSN.

Hampir seluruh pebisnis dan orang familiar jaman dahulu pada tadinya menggunakan jasa Yahoo! untuk menciptakan email, atau yang dikenal dengan YMAIL.

Tetapi seluruh berubah dua ratus derajat. Bahkan sekarang Yahoo! terlempar dari tiga besar mesin pencari dunia.

Walau begitu, kekuatan Yahoo! nampaknya belum sepenuhnya hancur. Ia masih dapat berdiri di atas mesin pencari baru atau mesin pencari regional semacam NAVER maupun AOL.

Walau telah menutup tidak sedikit lini non-search engine laksana ; Koprol, Geocities, Games, Yahoo! Msgr, Yahoo! Tech dan Blo.gs, tetapi Yahoo! masih mempunyai layanan penyokong lainnya, laksana Yahoo! News, Yahoo! Mail, Flickr, dan Tumblr.

Nama : Yahoo!.
Pemilik : Verizon Communications.
Pendiri : Jery Yang dan David Filo.
Kantor Pusat : California, Amerika Serikat.
Peringkat : #4
Market share : 3.39%

Walau begitu, kekuataan Yahoo! nampaknya belum sepenuhnya hancur. Ia masih bisa berdiri di atas search engine baru atau search engine regional semacam NAVER maupun AOL. 

5. Yandex 

Lain ladang beda ilalang. Di samping Cina, nampaknya Rusia pun punya universe sendiri, dari dunia internasional. Negeri Vladimir Lenin ini ternyata bukan medan yang mudah untuk pemain global semacam Google, Yahoo dan Bing.

Adalah Yandex, sebuah mesin pencari asal tanah beruang merah, yang ternyata dapat menghempaskan kekuasaan Google.

Bukan melulu di Rusia, Yandex pun sangat populer di Ukraina, Israel, Belarusia, Azerbaijan, Turki, Serbia, dan negara-negara sekitarnya.

Tokoh kunci di balik kesuksesan Yandex ialah seorang Rusia mempunyai nama Arkady Volozh. Dibantu Arkady lainnya, yaitu Arkady Borkovsky dan Ilya Segalovich, mereka membina Yandex tidak saja sebagai suatu search engine kehormatan hati Rusia namun lebih dari itu, suatu imperium digital dan teknologi.

Kini Yandex mempunyai 70 lini usaha. Bukan melulu itu, semua publisher dan blogger internasionalpun mulai melirik Yandex supaya konten mereka bisa diindeks oleh mesin pencari itu.

Nama : Yandex.
Pemilik : Yandex, N.V.
Pendiri : Arkady Volozh, Arkady Borkovsky dan Ilya Segalovich
Kantor Pusat : Moskow, Federasi Rusia.
Peringkat : #5
Market share : 1,53%

Adalah Yandex, sebuah search engine asal tanah beruang merah, yang ternyata mampu menghempaskan dominasi Google. 

Itulah lima search engine paling populer. Selain daftar di atas ada beberapa search engine lainnya yang walau mungkin kurang populer di telinga kita, namun tidak ada salahnya untuk kita ketahui.  

6. Ask

Sebuah search engine yang didirikan Garret Gruener bersama dengan David Warthen. Ia berkembang dari sebuah situs tanya jawab menjadi semacam search engine.

Kini Ask dimiliki oleh InterActiveCorp dan merupakan search engine terkuat nomor 6.

Kantor pusatnya terletak di Oakland, California, Amerika Serikat.

Secara global, Ask adalah sebuah search engine yang mampu merebut 0.62 % market share. Cukup bagus untuk ukuran website tanya jawab. 

7. Duckduckgo

Namanya memang lucu. Logonya juga tak kalah menggemaskan. Seekor bebek yang menatap dengan pandangan aneh.

Namun Duckduckgo bukan pemain kemaren sore. Search engine ini mampu menguasai 0.39% market share dunia. Sebuah hal yang tidak layak disebut bercandaan.

Search engine ini dimiliki oleh DuckDuckGO.Inc yang berpusat di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Tidak main-main, nama besar di balik si bebek ini adalah Gabriel Weinberg.

Kenapa search engine milik Weinberg ini bisa jaya? Karena ia mendeklarasikan diri sebagai pembela privacy policy para user-nya.

Tidak ada ads, perekaman informasi pengguna atau semacamnya.

Terdengar cukup menarik bagi Anda, smart people?

Hal yang luar biasa dari search engine Naver, selain tentu saja aksara Hangul, adalah fiturnya yang benar-benar mendukung pengembangan aktivitas akademis. 

8. NAVER 

Di suatu negeri yang sedang dalam seteru, sebuah mesin pencari lahir dan berkembang. Ia mengawali segalanya dari nol tetapi lantas menjadi search engine kehormatan hati bangsa Korea. Naver!

Naver ialah sebuah mesin pencari yang paling populer di semenanjung Korea unsur selatan.

Walau secara global melulu mampu meraup 0.75% market share, namun di Korea, ia ialah search engine nomor satu dengan tidak tidak cukup dari 75% market share nasional.

Mencenangkan, bukan?

Hal yang spektakuler dari mesin pencari Naver, selain pasti saja aksara Hangul, ialah fiturnya yang benar-benar menyokong pengembangan kegiatan akademis.

Search engine ini dibuat oleh Lee Hae-jin.

Naver pun punya fitur menarik lainnya, yaitu Happybean. Dengan fitur ini, Naver menjadi lebih dari sebatas search engine, tetapi pun media untuk masyarakat guna berbagi donasi.


Kini mesin pencari negeri ginseng tersebut bergerak di bawah lisensi Naver Corporation Korea dan berkantor pusar di Seongnam, Korsel.

9. AOL

Mirip dengan Yahoo!, AOL adalah sebuah kisah tentang jatuh bangunnya industri digital. Search engine yang pernah benar-benar tenar itu kini hanya kebagian sekitar 0.06% market share dunia.

AOL berdiri pada tahun 1983 dengan nama AOL Inc. Para pendirinya antara lain Marc Seriff dan Jim Kimsey.

Search engine yang bernama lengkap America Online itu kini dimiliki Verizon dan berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Selain bergerak di bidang search engine, AOL juga melayani jasa digital lainnya, seperti surat elektronik dan portal web.

Dengan sebuah idealisme yang terwujud dalam kalimat 'aku temukan apa yang aku cari', search engine asli Ceko ini sedang berjuang habis-habisan melawan agresi Google. 

10. Seznam

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata Seznam? Bukan, ini bukanlah sebuah olah raga. Juga bukan nama sebuah mantra sihir. Ini adalah search engine yang pernah begitu berkuasa di Cekoslowakia.

Seznam sendiri dalam bahasa aslinya berarti direktori. Ia didirikan oleh Iva Lukacovic pada tahun 1996 di Praha.

Dengan sebuah idealisme yang terwujud dalam kalimat 'aku temukan apa yang aku cari', search engine asli Ceko ini sedang berjuang habis-habisan melawan agresi Google.

Secara internasional ia masih mendapat 0.05% market share.

Sedang di tanah kelahirannya, ia mendapat 12.27% market share nasional.

Sampai kapan search engine ini bisa bertahan?

Demikianlah pembahasan kita mengenai 10 Mesin Pencari (Search Engine) Paling Populer Di Dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Peranan Kita

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium JejakApaAja

0 Response to "10 Mesin Pencari (Search Engine) Paling Populer Di Dunia"

Posting Komentar