Memahami Cara Kerja Search Engine

Peranan Kita- Apa itu mesin pencari (search engine)? Mengapa penting bagi semua orang untuk memahami dan mengetahui cara kerja mesin pencari?

Pengertian Mesin Pencari atau Search Engine 

Mesin pencari atau search engine adalah situs yang  berfungsi untuk mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet. 

Awalnya konten tersebut hanya berbentuk artikel atau tulisan. Namun kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, search engine juga mampu mengumpulkan, menyeleksi dan mengorganisir konten yang berbentuk audio, video, gambar, bahkan tautan bisnis. 

Memahami Cara Kerja Search Engine

Cara Menggunakan Sebuah Mesin Pencari

Lalu bagaimana teknik menggunakan mesin pencari? Bagi menggunakannya, Anda melulu mengetikkan apa yang hendak Anda cari dan search engine akan menyerahkan Anda sekian banyak  link ke sumber informasi / blog / website yang memperlihatkan informasi cocok dengan apa yang dicari. 

Hasil laman atau halaman penelusuran tersebut, biasa dikenal dengan sebutan mesin pencari results page atau SERP. Laman SERP ini bisa berupa susunan yang nantinya menyerahkan pilihan untuk Anda konten yang sangat ‘kemungkinan’ sangat relevan hingga tidak. Cara search engine menilai ranking memang berbeda-beda.

Cara Kerja Mesin Pencari

Mesin pencari sering mengubah-ubah algoritma. Hal ini bertujuan untuk menambah user experience atau empiris pemakai. Setiap mesin pencari bertujuan untuk memahami bagaimana users memakai search engine dan memberi mereka jawaban yang terbaik untuk penelusuran mereka. Dengan begitu, search engine dapat memberikan jawaban yang berbobot | berbobot | berkualitas tinggi dan sangat relevan.

Mesin pencari sendiri dikendalikan oleh perusahaan pasti saja mempunyai para insinyur dan ahli. Para berpengalaman inilah yang lantas membuat program guna menunjang kinerja mesin pencari. Mesin pencari memakai program yang tidak jarang disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers guna mencari, mendata, mengklasifikasikan dan mengorganisir konten dari semua web dan blog di dunia maya. Hasil-hasil penelusuran dan pengorganisiran ini kemudian dipakai mesin pencari untuk membina index dan direktori internet.

Berkaitan dengan evolusi algoritma ini, semua search engine akan memberi tahu kita tentang teknik meningkatkan peringkat halaman kita di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dipertahankan dengan baik dan tidak jarang berubah guna menghindari penyalahgunaan. 

Tetapi dengan mengikuti sejumlah teknik optimasi search engine (SEO) yang telah terbukti, Anda bisa meyakinkan bahwa situs Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.

Tips Menggunakan Search Engine. (Panduan Untuk User)

Untuk Anda yang membutuhkan informasi menggunakan search engine, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan. 

  1. Menggunakan lebih dari satu search engine.
  2. Menulis kata kunci secara spesifik.
  3. Membandingkan lebh dari satu sumber.
  4. Menambahkan tanda kurung ( ) dalam box pencarian.
  5. Menulis sinonim kata kunci yang Anda cari.
Tips Menggunakan Search Engine. (Panduan Untuk Blogger)

Untuk Anda yang berprofesi sebagai publisher / blogger, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan. 
  1. Membuat konten yang berkualitas.
  2. Sering mempelajari algoritma dari search engine.
  3. Selalu meng-upgrade teknik untuk mempopulerkan artikel.
10 Search Engine Paling Populer

Selain google, sebenarnya ada banyak search engine yang lain. Tetapi nampaknya secara umum google belum terkalahkan sebagai mesin pencari paling populer. Berikut adalah 10 search engine paling populer. 
  1. Google.
  2. Yahoo.
  3. Bing.
  4. AOL.
  5. Dogpile.
  6. GoGoDuck.
  7. Baidu.
  8. Yandex.
  9. Ask.
  10. Naver.
Demikianlah artikel tentanng 'memahami cara kerja search engine', semoga bermanfaat untuk Anda. 





Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium JejakApaAja

0 Response to "Memahami Cara Kerja Search Engine"

Posting Komentar